Berita

    Ketahui Fungsi Power Outlet Mobil & Penyebab Kerusakannya

    Power outlet mobil adalah komponen berupa soket USB pada bagian dashboard yang berfungsi untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti ponsel. Sebelum teknologi semakin berkembang, dulunya power outlet ini digunakan sebagai lighter (pemantik api).

    Kini, manfaat utama power outlet adalah untuk melakukan pengisian daya pada gadget milik pengendara. Tidak hanya ponsel, bahkan beberapa jenis mobil terbaru juga kini sudah mendukung fitur charging untuk gadget yang lebih berat seperti laptop.

    Power Outlet Mobil: Fungsi dan Tips Menggunakan

    Biasanya, power outlet terletak di samping dashboard dengan bentuk menyerupai stopkontak, dan berfungsi sebagai pengisi daya gadget. Dengan menggunakan power outlet, Anda sekarang tidak perlu khawatir lagi jika baterai gadget tiba-tiba habis di tengah jalan.

    Bahkan saat ini, beberapa mobil generasi terbaru yang lebih canggih seperti Hyundai sudah dilengkapi power outlet yang multifungsi. Yaitu sebagai lighter, stasiun pengisi daya portabel yang lebih cepat dari port USB standar, serta wireless smartphone charger modern.

    Namun, pengisian daya menggunakan power outlet pada mobil sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering. Sebab karena listrik mobil yang tidak stabil, tegangan output yang dihasilkan juga menjadi tidak stabil, sehingga bisa mempengaruhi kesehatan baterai Anda.

    Jadi, sebaiknya ikuti cara menggunakan power outlet yang baik dan benar sesuai standar. Di antaranya yaitu, hanya gunakan kabel bawaan sesuai standar untuk mengisi ulang, pastikan tidak ada modifikasi pada sistem kelistrikan mobil, serta hindari charging yang terlalu lama.

    Penyebab Kerusakan pada Komponen Power Outlet

    Sebagai salah satu komponen kelistrikan, power outlet mobil tentu berpotensi mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui apa saja penyebabnya supaya resiko konsleting tidak terjadi. Adapun faktor penyebab kerusakannya adalah sebagai berikut:

    • Soket Mengalami Sumbatan

    Faktor penyebab pertama adalah terdapat sumbatan pada soket yang dipasang secara vertikal, sehingga partikel-partikel kecil mudah jatuh dan menyumbat bagian dalam soket. Contohnya seperti remah-remah makanan, pasir, dan lain sebagainya.

    Akibat dari sumbatan tersebut, aliran arus akan terhalang sehingga pengisi daya tidak berfungsi. Solusinya, Anda perlu membersihkan soket secara berkala, misalnya dengan memanfaatkan pinset untuk menghilangkan partikel yang menyumbat.

    • Power Socket Putus