Berita

    Mengenal Apa itu ECU Mobil dan Fungsinya

    Setiap mobil tersusun atas dua komponen yaitu komponen mekanikal dan komponen elektrikal. Semakin berkembangnya teknologi, kini mobil lebih banyak tersusun atas komponen elektrikal. Salah satu komponen elektrikal yang memiliki peran yang sangat penting adalah ECU mobil. 

    Lalu, apakah ECU itu? ECU sendiri merupakan singkatan dari Electronic Control Unit. Seperti namanya, ECU ini adalah pusat pengontrol semua fungsi sistem manajemen mesin mobil. ECU sendiri terdiri dari chip yang bisa diprogram seperti layaknya komputer dan televisi.

    Jika diibaratkan sebagai suatu sistem komputer, maka ECU memiliki peran layaknya CPU dalam komputer. ECU dapat mengontrol fungsi komponen mesin mobil seperti kunci mobil, pengereman otomatis, fitur keselamatan air bag, dan masih banyak lagi. Semua jenis mobil pasti memiliki ECU di dalamnya.

    Lalu, apa fungsi ECU?

    Fungsi Electonic Control Unit

    Berikut beberapa fungsi ECU mobil.

            1. Mengontrol Pencampuran Bahan Bakar

    Supaya sistem pembakaran mobil dapat berjalan dengan baik maka bahan bakar di dalam mobil perlu dicampur dengan udara. Jika dahulu kegiatan pencampuran dilakukan dengan cara mekanis, sekarang kegiatan pencampuran dapat dilakukan dengan mudah menggunakan program  komputerisasi ECU.

            2. Menentukan Jumlah Bahan bakar

    Jumlah bahan bakar yang perlu disuplai dalam mesin haruslah tepat. Dalam menentukan suplai bahan bakar dioperasikan melalui ECU dengan memasukkan program sesuai kebutuhan. 

            3. Menenetukan Waktu Suplai Bahan Bakar

    Selanjutnya ECU juga berfungsi untuk menentukan kapan waktu yang tepat bagi injector untuk menambahkan campuran udara dan bahan bakar kepada mesin agar pembakaran mesin bekerja secara maksimal. 

            4. Megatur Sistem

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, ECU adalah pusat kontrol berbagai komponen dalam mobil. Beberapa  sistem yang dikontrol oleh ECU adalah kunci mobil, alarm darurat, air bag, serta pendingin mesin. 

    Cara Kerja ECU

    Agar dapat bekerja ECU memerlukan input dari sensor kendaraan untuk menghitung informasi memakai program yang telah disimpan dalam chip. Informasi yang telah didapat akan dimasukkan untuk memperkirakan output yang dibutuhkan seperti jumlah suplai bahan bakar dan waktu untuk menyalakan koil mesin.