Berita

    Kenali Fungsi & Cara Kerja Receiver Dryer Pada Mobil

    Komponen pada sistem pendingin mobil ada banyak. Salah satunya yakni receiver dryer. Fitur ini terletak di antara katup ekspansi dan condenser. 

    Tidak semua mobil memiliki komponen ini. Khusus untuk mobil keluaran terbaru yang memiliki air conditioner atau AC.

    Sebagai pemilik kendaraan dengan AC, setidaknya Anda harus mengetahui komponen ini. Minimal fungsinya dan juga cara kerja komponen.

    Tiga Fungsi Receiver Dryer

    Pada sistem pendingin, kompresor memompa refrigerant menuju katup ekspansi. Namun terlebih dahulu, refrigerant ini melewati dryer AC. 

    Fungsi dari komponen ini adalah sebagai berikut: 

            1. Sebagai Tempat Penampungan Freon Sementara

    Dryer ini sebagai tempat “transit” freon saat masih berbentuk cairan. Sejatinya freon ini akan menyemprotkan refrigerant dalam bentuk gas dan melewati katup ekspansi. Namun hal ini dilakukan saat muncul sinyal dari heat sensitivity tuber.

    Jika tidak, maka cairan ini akan ditampung pada tabung dryer. Lalu saat sinyal mulai muncul, barulah freon menjalankan tugasnya.

            2. Penyaring Kotoran

    Fungsi receiver dryer berikutnya adalah sebagai penyaring kotoran. Refrigerant yang membawa kotoran, akan disaring terlebih dahulu saat melewati tabung dryer. Biasanya kotoran berbentuk pasir lembut. 

    Mengapa harus disaring? Sebab jika kotoran tidak disaring, maka bisa menyumbat sistem pendingin. Akibatnya, AC tidak bisa mendinginkan mobil secara optimal.

    Tak hanya itu, kotoran juga bisa merusak komponen pada sistem pendingin. Itu sebabnya, tube dryer ini berperan penting dalam AC.

            3. Menyerap Air

    Refrigerant tidak hanya mengangkut kotoran, namun juga air. Nah, guna dari tube ini adalah untuk menyerap air yang terbawa oleh refrigerant.

    Freon yang airnya tidak diserap, saat proses penurunan suhu, maka bisa menghasilkan es. Hal ini berbahaya karena bisa membuat katup ekspansi tersumbat.

    Makanya, desiccant gel pada receiver dryer harus menyerap air pada refrigrant. Supaya AC tidak mengalami kerusakan karena penyumbatan kristal es. 

    Komponen Pada Tube Dryer

    Ada beberapa komponen yang membantu fungsi dryer. Berikut penjelasannya:

    1. Filter: Berfungsi menyaring kotoran berbentuk debu dan pasir halus pada freon cair;
    2. Desiccant: Berfungsi menyerap air yang terkandung dalam freon;
    3. Sight glass: Berfungsi untuk mengetahui kandungan freon pada AC. Supaya bisa tahu apakah freon masih ada atau kosong. Komponen ini hanya ada pada mobil tertentu.
    4. Fusible plug: Berfungsi sebagai pengaman pada kinerja sistem pendingin. Contohnya saat terjadi tekanan suhu tinggi, maka fusible plug bergerak untuk meneteskan air. 

    Cara Kerja Receiver Dryer AC Mobil