Berita

    Ketahui Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi dan Cara Memperbaikinya

    Klakson mobil merupakan salah satu komponen yang melengkapi kenyamanan berkendara. Sehingga apabila klakson mobil mati, keamanan dan kenyamanan seseorang dalam menempuh perjalanan dapat terganggu.

    Kejadian klakson mobil yang tidak dapat dibunyikan dapat terjadi begitu saja ketika Anda tengah berkendara. Karena peranannya yang lumayan penting, seseorang dapat menjadi bingung atau panik jika tidak dapat membunyikan klakson mobilnya.

    Kami telah merangkum serangkaian informasi tentang apa saja penyebab klakson mobil tidak dapat dibunyikan diikuti dengan cara memperbaikinya. Simak penjelasan singkat kami berikut ini!

    Beberapa Penyebab Klakson Mobil Mati

    Memperbaiki klakson mobil yang tidak dapat dinyalakan tentu saja tidak dapat ditunda. Oleh karena itu, penting bagi kita mengetahui penyebab permasalah tersebut agar dapat mencari penanganan yang tepat. Berikut beberapa penyebab klakson mobil tidak dapat dibunyikan.

    • Komponen Sekring Klakson yang Rusak

    Sekring klakson mobil seringkali menjadi penyebab utama klakson tidak dapat dibunyikan sebagaimana mestinya. Hal ini terjadi apabila ada muatan listrik yang berlebih sehingga sekring klakson berperan mengamankan rangkaian listrik.

    Pasalnya, bila sekring klakson rusak, hal ini mempengaruhi sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan akan mengalami kendala. 

    • Kabel Penghubung Klakson Terputus

    Terputusnya kabel penghubung pada klakson mobil juga disinyalir menjadi penyebab klakson mobil tidak dapat berbunyi. Hal ini dapat dipicu dari adanya kabel yang terkelupas karena ada jamur atau kotoran yang menumpuk di soket kabel.

    Pada tingkat yang lebih parah, kabel penghubung pada klakson dapat terputus karena adanya korosi yang apabila diabaikan dapat menyebabkan korsleting.

    • Switch Klakson Bermasalah

    Switch merupakan komponen di tombol klakson mobil yang terhubung dengan setir mobil. Komponen ini memiliki peran untuk menghubungkan klakson dan setir dengan memberikan tekanan pada tombol klakson menuju sumber bunyi.

    Jika switch klakson bermasalah, tombol klakson pada kemudi akan mengalami kemacetan ketika ditekan. Hal ini yang menyebabkan klakson tidak dapat berbunyi meskipun telah ditekan dengan keras.

    • Relay Klakson Usang

    Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan perangkat relay, maka Anda disarankan memeriksanya ketika klakson mobil mati. Relay klakson yang sudah rusak sebaiknya diganti dengan yang baru.

    Recent posts