Berita

    Terlihat Sepele, Kebiasaan ini Baik untuk Mobil Anda

    Usia dan performa mobil sangat dipengaruhi oleh cara penggunaannya seperti cara mengemudi sampai cara merawatnya. Meski terlihat sepele namun beberapa kebiasaan ini baik untuk mobil Anda. 

    Merawat mobil adalah suatu keharusan karena biaya perbaikan mobil bisa jauh lebih mahal dari biaya perawatannya. Salah satu cara merawat mobil agar awet adalah menerapkan kebiasaan menggunakan mobil yang baik. 

    Meski Terlihat Sepele, Ternyata Kebiasaan ini Baik untuk Mobil Anda

    Berikut ada beberapa kebiasaan menggunakan dan merawat mobil yang mungkin terlihat sepele namun memiliki efek yang baik untuk mobil Anda:

    • Ganti Oli dan Servis secara Rutin

    Oli sendiri memiliki fungsi sebagai pelumas sehingga mesin mobil bisa bekerja dengan baik. Malas mengganti oli secara berkala dapat membuat performa mesin menurun karena tidak mendapat cukup pelumas.

    Adapun servis secara rutin bisa membuat kerusakan pada mobil dapat segera diatasi sebelum bertambah parah. Oleh karena itu, biasakan ganti oli setiap 10 ribu km dan servis mobil setiap 6 bulan sekali.

    • Memanaskan Mobil 

    Meski terdengar sepele namun memanaskan mobil sebelum mobil digunakan bisa menjaga komponen mesin dari keausan. 

    Saat mobil lama tidak digunakan, oli akan turun dan mesin mengering sehingga Anda perlu memanaskan mobil agar oli bisa naik ke mesin. Memanaskan mobil tidak perlu dilakukan lama-lama, cukup 30 sampai 60 detik. 

    • Mencuci Mobil secara Rutin

    Kebiasaan ini baik untuk mobil Anda karena tidak hanya dapat membuat mobil menjadi bersih namun juga mencegah kotoran menumpuk. Kotoran yang dibiarkan menumpuk dalam waktu lama bisa menyebabkan karat pada bodi mobil.

    Selain itu, rutin membersihkan kabin mobil juga dapat menjadikan AC mobil Anda lebih awet.

    • Tidak Ragu Menggunakan Mobil untuk Perjalanan Jarak Jauh

    Gunakan mobil Anda untuk perjalanan jarak jauh. Kebiasaan menggunakan mobil untuk perjalanan jarak pendek misalnya 2 km bisa memperpendek usia mobil Anda. 

    Hal tersebut dikarenakan saat mobil dipakai untuk jarak dekat menyebabkan mesin tidak panas sepenuhnya dan tidak mencapai suhu pengoperasian optimal.

    Dengan menggunakan mobil secara bijak, Anda tidak hanya menjaga mesin mobil namun juga lingkungan Anda.

    • Tidak Berlebihan dalam Membawa Beban

    Membawa beban berlebih bisa menyebabkan boros bahan bakar, memberi tekanan pada ban, rem, suspensi, dan mesin. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa kapasitas penumpang dan beban sesuai dengan yang tertulis dalam buku manual.

    • Mengemudi dengan Baik

    Berikutnya, terapkan cara mengemudi yang baik. Kebiasaan mengebut ternyata bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar oleh karena itu sebaiknya kontrol laju kendaraan supaya selalu pada batas kecepatan aman. 

    Selain itu, Anda juga harus mengetahui kapan menggunakan rem dan kapan cukup dengan menurunkan kecepatan mobil Anda. 

    Apabila Anda akan melewati jalanan yang berlubang atau gundukan sebaiknya turunkan kecepatan saja sehingga suspensi lebih awet.

    Jangan lupa untuk selalu jaga jarak aman. Terlalu dekat dengan kendaraan di depan Anda tidak hanya berisiko menyebabkan tabrakan namun juga bisa menyebabkan bodi mobil terkena puing-puing jalan atau bebatuan dari kendaraan di depan Anda.

    • Tidak Merokok dan Makan di dalam Mobil

    Tidak merokok dan makan di dalam mobil bisa membantu meringankan kinerja mesin dan mencegah AC dari kerusakan. Hal tersebut dikarenakan asap rokok bisa menyebabkan komponen AC menjadi lebih cepat kotor.

    makan di mobil