Berita

    Ketahui Tekanan Angin untuk Ban Mobil yang Ideal

    Sering diabaikan, tekanan angin pada ban memiliki ukuran ideal dan tidak boleh sembarangan. Tekanan ban mobil untuk setiap mobil pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya. hal ini dapat dilihat dari faktor ukuran mobil, beban pada mobil, dan jenis ban yang digunakan oleh mobil itu sendiri.

    • Ukuran tekanan ban mobil

    Tekanan angin ban mobil harus sesuai dan tidak dianjurkan untuk melebihi atau kurang dari batas yang telah ditentukan pada setiap mobil. Mengapa demikian? Karena baik kekurangan atau kelebihan angin pada ban mobil dapat memiliki risikonya masing-masing. 

    Seperti misalnya, untuk ban yang terlalu kempes dapat mengakibatkan kemungkinan ban pecah dan mesin mobil menjadi perlu bekerja lebih keras supaya dapat melaju karena ban menjadi lebih berat. Ban kempes disebabkan karena turunnya tekanan angin pada ban yang memang secara alami terjadi akibat kendaraan yang dipakai terus menerus.

    Sementara itu, ketika ban dalam kondisi terlalu banyak angin, maka ban akan menjadi lebih keras. Hal ini dapat memiliki risiko terjadinya aquaplaning ketika mobil melaju di jalanan yang tergenang oleh air dan membuat mobil menjadi kehilangan kendali bahkan sampai tergelincir.

    Batas tekanan angin pada ban mobil biasanya tertera pada informasi tekanan ban (tire loading information) yang terdapat di bagian frame pintu depan area pengemudi. Tekanan angin untuk setiap ban baik ban depan maupun ban belakang seharusnya memiliki tekanan yang sama.

    Idealnya tekanan angin ban mobil untuk jenis mobil terletak pada rentang sebagai berikut:

    1. Mobil MPV (Mini Van): 30-33 PSI
    2. Mobil City car: 29-32 PSI
    3. Mobil Sedan: 28-31 PSI
    4. Mobil SUV: 35-40 PSI
    • Cara mengecek tekanan angin pada ban 

    Pengecekan tekanan angin ban harus dilakukan secara rutin. Melakukan pemerikasaan atas angin ban ini dapat dilakukan sendiri di rumah maupun di bengkel.

    Untuk pengecekan tekanan angin pada ban secara individu atau melakukan cek sendiri, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan.

            1. Menggunakan alat pengukur khusus

    Alat untuk mengukur kadar tekanan angin pada ban mobil sudah banyak beredar dan dijual.  Alat yang sangat membantu ini kini telah memiliki dua jenis, yaitu dengan bentuk analog dan digital.

    Fungsi alat ini sama-sama untuk mengukur tekanan ban mobil. Hanya saja yang memedakan keduanya terletak pada hasil pengukurannya. Sama seperti jam, alat pengukur dengan jenis analog menunjukkan hasil pengukuran dengan jarum yang akan bergerak sesuai dengan tekanan ban mobil Anda.