Berita

    Simak Fungsi Strut Bar pada Mobil

    Setiap mobil dilengkapi dengan berbagai kebutuhan sparepart agar kendaraan roda empat ini dapat melaju dengan stabil dan baik. Salah satu sparepart yang sangat berperan penting untuk kendaraan mobil adalah strut bar. Komponen ini ternyata memiliki peran dan fungsi yang penting untuk mengoperasikan kendaraan mobil.

    Tidak banyak orang yang memahami apa saja bagian-bagian dari sparepart  mobil begitu juga dengan fungsinya. Tentu sebagai pemilik mobil, Anda perlu memahami kegunaan dari sparepart strut bar itu sendiri. Berikut simak penjelasan selengkapnya!

    Apa Itu Strut Bar?

    Sparepart ini bisa disebut juga dengan strut bar, yang merupakan komponen mobil berbentuk palang dengan posisi melintang untuk menghubungkan dua sisi sasis pada mobil. strut bar ini dipasang pada sisi kanan dan kiri strut tower yang menjadi mounting point dari shock breaker.

    Komponen ini biasanya dapat ditemukan di ruang mobil seperti mobil sport. Selain itu, alat sparepart ini juga identik digunakan pada mobil-mobil yang sudah dimodifikasi atau memiliki performa yang tinggi.

    Bahan dan material dari strut bar ini sangat bervariasi. Pada umumnya, sparepart ini dibuat dari bahan metal atau alumunium. Namun, sudah banyak juga ditemukan penggunaan strut bar kostum dengan aftermarket. 

    Yang jelas, penggunaan komponen ini dari segi bahan dan bentuknya dapat disesuaikan dengan kendaraan. Terlebih untuk modifikasi penampilan mobil, strut bar ini lebih banyak diperhatikan dari segi modelnya.

    Adapun secara umum strut bar digunakan untuk membuat kaki-kaki pada mobil lebih kuat atau kaku agar kestabilan pada penggunaan kendaraan tetap terjaga. Yang pasti, benda satu ini tentu memiliki beberapa fungsi untuk menjaga performa mobil tetap berfungsi dengan baik.

    Fungsi Strut Bar pada Mobil

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sparepart strut bar merupakan salah satu elemen penting namun hanya bisa ditemukan pada mobil tertentu saja. Tentu komponen ini memiliki kegunaan yang sangat bagus untuk menunjukkan performa pada kendaraan. Adapun fungsi dari sparepart ini diantaranya bisa Anda simak pada penjelasan berikut!

            1. Penghubung Sasis dan Suspensi

    strut bar berfungsi untuk menghubungkan sasi (body) dan suspensi pada sisi kiri dan sisi kanan. Alat penghubung ini digunakan untuk meningkatkan stabilitas pada mobil ketika melaju dengan kecepatan tinggi, menikung, atau bermanuver.