Berita

    Mengenal Fungsi Aki Mobil Beserta Cara Kerja dan Tips Perawatannya

    Aki mobil adalah komponen mobil yang sering dibahas. Dapat dikatakan bahwa kehadiran aki sangat penting untuk kinerja mobil Anda. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aki yang dapat Anda temukan dibawah ini.

    Apa itu Aki mobil

    Aki atau accu adalah komponen yang harus ada pada mobil. Aki adalah sumber energi listrik sekaligus sebagai tempat menyimpan energi listrik dinamis. Terdapat dua jenis aki yang umum digunakan, yaitu:

    • Aki Kering 

    Aki ini menggunakan gel dalam merendam sel-sel aki sehingga air aki tidak gampang menguap. Aki kering dapat digunakan selama sekitar lima tahun.

    • Aki Basah 

    Aki ini menggunakan cairan elektrolit dalam merendam sel-sel aki. Aki ini dapat digunakan selama sekitar satu tahun. Aki ini dapat dihidupkan kembali dengan mengisi air aki zuur dan demineral secukupnya. 

    Fungsi Aki pada Mobil

    Aki tentu memiliki fungsi penting untuk kinerja mobil. Beberapa fungsi aki diantaranya adalah:

    • Menyimpan dan Menstabilkan Energi Listrik

    Aki akan menyimpan listrik dalam bentuk energi kimia. Stabilizer aki berfungsi menstabilkan tegangan listrik yang akan dialirkan ke komponen lainnya. Aliran listrik yang tidak stabil dapat meningkatkan risiko kerusakan aki.

    • Men-starter Mobil

    Aki akan menyuplai energi listrik pada starter untuk menghidupkan mobil. Listrik pada aki mengalir ke sistem starter lalu akan memutar flywheel untuk menjalankan mesin. 

    • Sumber Energi Listrik

    Aki berfungsi sebagai sumber energi listrik utama komponen-komponen mobil seperti:

    • Lampu

    Lampu penting untuk pencahayaan mobil dan isyarat tertentu saat berkendara.

    • AC (Air Conditioner)

    AC adalah komponen yang membantu Anda merasa nyaman saat mengendarai mobil.

    • Sistem Pengapian

    Platina yang dialiri listrik yang berasal dari aki akan bergesekan dan menghasilkan percikan busi yang mengaktifkan sistem pengapian mobil. 

    • Komponen Lainnya

    Berbagai komponen pendukung lain mobil juga membutuhkan listrik seperti radio dan lubang charger.

    Cara Kerja Aki

    Aki mobil dapat menghasilkan dan menghantarkan listrik karena adanya dua reaksi kimia yang disebut discharge dan recharge