Berita

    Kenali Fungsi Pedal Rem Pada Mobil

    Salah satu komponen pada sistem rem yang memiliki fungsi krusial adalah pedal rem mobil. Jika penyetelannya tidak tepat atau tidak sesuai standar, maka sistem rem tidak akan berfungsi secara maksimal. Berikut fungsi dan cara penyetelan pedal rem pada mobil. 

    Fungsi Pedal Rem Mobil

    Sebagai pemilik kendaraan, sudah selayaknya jika Anda mengetahui komponen-komponen apa saja yang ada pada mobil, termasuk juga pedal rem. 

    Setiap jenis rem memiliki pedal yang berfungsi sebagai alat untuk mengoperasikan sistem pengereman pada mobil dengan cara ditekan menggunakan kaki. 

    Cara Menyetel Pedal Rem Pada Mobil 

    Walau berdasarkan fungsinya terlihat sederhana, namun ada beberapa hal pada pedal rem yang harus Anda perhatikan yang berkaitan dengan penyetelannya. Seperti, tinggi pedal rem, jarak cadangan, langkah kerja, dan gerak bebas pedal rem. 

    Semua hal tersebut memiliki ukuran standar tersendiri agar semua sistem rem pada mobil Anda berfungsi secara maksimal. Sebagai informasi, berikut hal-hal yang berkaitan dengan cara penyetelan pedal rem. 

            1. Free Play Pedal 

    Free Play Pedal merupakan gerak bebas pedal rem yang pada saat ditekan tidak terdapat hambatan sama sekali, dan hal ini harus selalu ada. Sebab, tidak adanya gerak bebas akan membuat posisi push rod dalam kondisi selalu menekan piston master silinder rem. 

    Hal ini akan mengakibatkan rem bekerja secara terus menerus walaupun pada saat pedal rem mobil tersebut tidak ditekan. 

    Cara Penyetelan 

    Putar push rod untuk mengendorkan mur pengunci kemudian kencangkan kembali menggunakan 2 kunci pas. Setelah itu, cek ulang celah free play pedal dengan cara ditekan menggunakan jari tangan Anda.  

            2. Tinggi Pedal

    Perhitungan tinggi yang dimaksud adalah tinggi pedal mulai dari lantai hingga secara keseluruhan harus diukur dengan tepat. 

    Jika terlalu rendah, jarak cadangan pedal akan semakin sedikit (sempit) sehingga bisa menyebabkan gaya tekan pengereman menjadi kurang maksimal. 

    Jika terlalu tinggi, Anda akan merasa tidak nyaman ketika memindahkan posisi kaki dari pedal gas ke pedal rem pada saat akan melakukan pengereman. 

    Cara Penyetelan